Home » DOMAIN & HOSTING » Riwayat Domain .com

Riwayat Domain .com

.com diperkenalkan sebagai salah satu TLD (top-level domain/domain tingkat atas) saat Sistem Nama Domain pertama kali diterapkan untuk digunakan di internet pada Januari 1985. Pada awalnya, .com dibuat untuk menunjukkan tujuan “komersial” situs web. Namun kini .com telah menjadi pusat revolusi digital yang mengubah cara kerja, kehidupan, hiburan, dan komunikasi seseorang dengan keluarga dan teman.

Sejarah Rinci .com

John Postel, editor Request for Comment (RFC) pada tahun 1994.

Pada tahun 1994, Jon Postel membuat gambar pemetaan domain tingkat atas Internet dengan tangan. Foto oleh Irene Fertik, USC News Service. ©1994, USC.

.com pertama diklaim pada 15 Maret 1985 oleh produsen komputer Symbollics, Inc. Sebelumnya, Internet merupakan proyek besar yang dilakukan universitas dan pakar komputer yang menggunakan jaringan untuk penelitian dan komunikasi. Seiring maraknya individu dan lembaga yang mulai menggunakan jaringan tersebut, komunikasi elektronik pun menjadi semakin sulit dikelola. Mengetahui cara merutekan pesan secara manual melalui gateway menjadi salah satu bentuk seni, dan seiring dengan semakin padatnya lalu lintas surel (email), pengguna kadang-kadang diminta untuk berhenti menggunakan sambungannya.

Perlunya prinsip pengelolaan menjadi semakin jelas seiring dengan semakin banyaknya entitas yang terhubung ke internet yang sedang berkembang. Jon Postel bersama rekannya di Information Science Institute, University of Southern California membuat keteraturan untuk dunia yang semakin kacau ini.

Postel menjadi editor Request for Comment (RFC) pada tahun 1969. Sebagai editor RFC, Postel bersama rekannya membentuk internet sebagaimana yang kita ketahui saat ini. Pada Oktober 1984, RFC 920 “tentang persyaratan pembuatan domain baru dalam komunitas penelitian ARPA-Internet dan DARPA” diterbitkan, yang menetapkan tahapan lahirnya.com.

Meskipun kita mengetahui bahwa .com pertama dimiliki oleh symbolics.com pada tanggal 15 Maret 1985, namun asal-usul munculnya .com masih kurang jelas. Menurut Craig Partridge, kepala ilmuwan di Raytheon BBN Technologies, nama untuk domain berevolusi saat sistem ini dibuat. Pada awalnya, domain untuk perusahaan yang diajukan adalah .cor, namun saat versi akhir diluncurkan diubah menjadi .com.

Jack Haverty, pelopor Internet di MIT, mengatakan bahwa mereka tidak terlalu memikirkan soal bisnis saat mengembangkan domain tingkat atas tersebut. “Menurut saya, .com awalnya berasal dari kata “company”, bukan “commercial.” .com tidak diartikan sebagai tempat “usaha” yang dikunjungi konsumen untuk membeli sesuatu,” tulisnya dalam email. “.COM adalah perusahaan yang menangani kontrak kerja pemerintah. Internet tidak disewakan untuk menghubungkan perusahaan, melainkan jaringan prototipe perintah dan kendali militer, yang diciptakan oleh entitas pendidikan dan pemerintah, beserta kontraktor.” Namun mereka sepertinya mengerti bahwa dunia komersial akan turut memanfaatkannya.

“Saya tidak ingat apa ada yang pernah membayangkan bahwa kami sedang menciptakan struktur organisasional untuk merangkul ratusan juta entitas di planet ini dalam mendukung semua aktivitas penghuninya. Dan tentunya tidak ada yang mengira akan bertahan lebih dari 30 tahun, meskipun sebagai bahan percobaan. Semua terjadi begitu saja.”
– Jack Haverty, Pelopor Internet

BE IT SOLUTION

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Istilah-istilah dalam Dunia Web Hosting dan Domain

Berikut adalah istilah-istilah lainnya yang digunakan dalam dunia web hosting dan domain: Shared Server. Yaitu salah ...