Home » INTERNET » Pengertian Digital Footprint (Jejak Digital)

Pengertian Digital Footprint (Jejak Digital)

Menurut Wikipedia,  Digital Footprint adalah rekaman interaksi kamu dengan dunia digital dan data yang tertinggal tersebut dapat dieksploitasi.

Interaksi dan data yang menghasilkan digital footprint (jejak digital) termasuk diantaranya adalah :

  • Konten yang dibuat sendiri oleh pengguna dan konten yang dibuat oleh orang lain mengenai pengguna tersebut di Internet.
    Data dan konten yang dibuat oleh pengguna antara lain blog, komentar di website umum, foto dan profil yang diupload oleh pengguna di website social network. Konten yang dibuat oleh orang lain mengenai kamu sebagai bagian dari grup sosial.
  • Data dari interaksi pengguna dengan sebuah website. Disini, aktivitas pengguna direkam, detil yang direkam atau dicatat antara lain halaman web yang dilihat, frekuensi kunjungan dan jangka waktu antar kunjungan, klik, waktu yang dihabiskan pada setiap halaman website, interaksi dengan form, landing page dan downloadable content. Pada kenyataannya, setiap klik, gerakan mouse, keyboard dan interaksi dengan web (melalui PC atau mobile) dapat direkam dan disimpan.
  • Data sisipan seperti alamat IP, ISP, lokasi fisik, reputasi, konteks, rekaman telepon, like, friend, perilaku dan menghubungkan data tersebut dengan data lainnya.
Analisa Digital Footprint

www.beitsolution.net

Digital footprint terdiri dari data yang sangat pribadi dan dilindungi oleh hukum. Analisa data merupakan nilai yang sangat berharga, dimana analis dapat menentukan perilaku, profil, target, prospek, profil grup dan menggunakan data tersebut untuk menentukan pengaruh seseorang dan bagaimana orang tersebut dipengaruhi.

Informasi pribadi ini sangat berharga bagi banyak perusahaan karena akan sangat berpengaruh pada penentuan campaign yang akan dilakukan, terutama secara online. Berbagai praktisi online marketing, seperti digital marketing, social media manager atau SEO mengandalkan data ini untuk menentukan strategi dan rencana yang akan dijalankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Cara menggunakan Microsoft Remote Desktop

Syarat agar bisa melakukan remote desktop ke komputer Windows dengan menggunakan perangkat Android adalah : ...