Home » INTERNET » Apa itu Browser ? Pengertian, Cara Kerja dan Fungsinya

Apa itu Browser ? Pengertian, Cara Kerja dan Fungsinya

Jika Anda adalah orang yang tidak asing dengan dunia maya, maka pasti Anda juga akrab dengan yang namanya web browser. Apakah Anda tahu apa itu web browser ? Anda pasti pernah menggunakannya ketika Anda sedang berselancar di internet untuk mencari sesuatu.

Peranan web browser itu sangat penting bagi masyarakat ketika sedang browsing. Tapi, apakah Anda tahu pengertian web browser menurut Anda sendiri ?

Pengertian Web Browser

Di zaman yang hingar bingar dengan teknologi ini, semakin banyak orang yang sudah menggunakan internet dalam kehidupan sehari-harinya, termasuk dalam melakukan pekerjaannya.

Terdapat keterkaitan antara web browser dengan internet. Pengertian web browser adalah sebuah software atau aplikasi yang berfungsi untuk menampilkan sesuatu dalam format HTML di dalam jaringan internet.

Sebuah web browser harus terhubung dengan koneksi internet supaya bisa digunakan untuk berselancar / mencari informasi.

Anda harus menggunakan web browser supaya Anda bisa mencari sesuatu di internet. Jika diibaratkan, web browser adalah sebuah jembatan yang menghubungkan Anda dengan tujuan Anda. Jika Anda mau mencari sesuatu di internet harus melalui web browser.

Cara Kerja Web Browser

Setelah kita membahas tentang pengertian web browser, maka sekarang kita akan membahas tentang cara kerja web browser. Cara kerja web browser adalah seperti berikut :

cara kerja web browser
User sedang mengakses sebuah website dengan cara mengetikkan alamat situs atau URL (Uniform Resource Locator) pada address bar di web browser (dalam contoh ini : google.com).
  1. Kemudian web browser menerima permintaan dari si user dan akan melakukan fetching (pengambilan data) pada DNS Server.
  2. Data yang telah diambil berupa IP dari perintah yang diketikkan user (contoh : www.google.com). Web browser telah mendapatkan IP dari www.google.com
  3. Selanjutnya, web browser mengakses ke server dengan IP yang telah didapatkan dari DNS Server.
  4. Server memberikan data konten dari www.google.com dalam bentuk HTML dan file lain, seperti CSSPHP, dll.
  5. Setelah itu, web browser menampilkan konten yang sesuai dengan permintaan user.

Seperti itulah cara kerja dari web browser dalam melaksanakan tugasnya sebagai media untuk mencari informasi dengan jaringan internet. Setelah ini akan dibahas tentang fungsi dan kegunaan dari web browser itu sendiri.

Fungsi Web Browser

1. Mempermudah dalam mencari informasi di internet

Pada dasarnya, ketika kita ingin browsing atau berselancar di dunia maya pasti membutuhkan web browser sebagai media dalam melakukan browsing itu sendiri. Web browser itu bertugas untuk mengarahkan user atau pengguna menuju alamat website yang mereka minta.

2. Menyimpan data-data di internet

Ketika menggunakan web browser, pasti Anda pernah mendengar kata bookmark pada web browser. Nah fitur bookmark tersebut memiliki fungsi sebagai penyimpan data-data di internet yang suatu saat bisa Anda buka lagi tanpa perlu mengunjungi search engine.

3. Membuka file dengan ekstensi tertentu

Web browser juga memiliki fungsi sebagai media untuk membuka file dengan ekstensi tertentu. Misal, Anda bisa membuka pdf dengan web browser. Atau bagi Anda yang suka dengan pemrograman web, pasti Anda melihat hasil Anda dengan web browser.

Web browser memiliki kemampuan membaca file dengan ekstensi HTML, CSS, JS, PHP dan masih banyak lagi. (Catatan : Untuk PHP, harus ada koneksi dengan web server).

Sebenarnya masih banyak lagi fungsi web browser, tetapi itulah fungsi dasar dari web browser. Pada intinya, web browser sering digunakan untuk melakukan tiga hal di atas. Sekarang saatnya kita membahas contoh web browser untuk PC yang ada di dunia ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Sejarah E-Mail dan Seluk Beluknya

Menurut data dari situs http://www.royal.pingdom.com, saat ini diperkirakan ada sekitar 1,3 miliar pengguna surat elektronik atau ...